Ringkasan Materi Telecommunication & Mobile Computing (part 3)

3. Teknologi Nirkabel

Apa itu Teknologi Nirkabel?
Teknologi Nirkabel adalah teknologi pentrasferan data dari satu node / titik ke titik yang lain (bisa itu antara komputer dengan komputer, HP dengan komputer, HP dengan jaringan selular, HP dengan HP, dll) dimana perantara atau media trasmisinya tidak berupa kabel fisik.

Teknologi nirkabel juga disebut dengan wireless karena memiliki arti yang sama, wireless adalah media transmisi radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka yang dapat berupa mikrogelombang (microwave), sistem satelit (satellite system), sinar infra merah.

Bagaimana Sejarah Perkembangan Teknologi Nirkabel?
  • Dikenal Luas Sejak Tahun 1997
Jenis interkoneksi nirkabel ini pertama kali ditemukan oleh seorang astronom kelahiran Jerman, William Harschel pada tahun 1800. 

Dari segi fungsi, teknologi tersebut akhirnya dikembangkan menjadi thermographic, yang merupakan sebuah kamera khusus untuk melihat suhu yang lebih panas. Sedangkan di dunia telekomunikasi, infrared dikembangkan sebagai penghubung antarperangkat berjarak pendek lewat Light Emitting Diode (LED) yang ditanam. 

Teknologi ini mulai dikenal pada tahun 1997, ketika Nokia menghadirkan ponsel seri 6110 yang menggunakan teknologi infrared di permainan 'Snake'. Kemudian, Nokia sebagai penggebrak teknologi ini menanamkan infrared hampir di seluruh perangkatnya untuk file sharing dan jaringan game.


  • Digunakan Untuk Remote Control
Namun jauh sebelum itu teknologi infrared digunakan untuk menjadi alat-alat pengendali yang beredar di pasaran. Sebut saja remote control yang terdapat pada perangkat televisi - dimulai sejak tahun 1950an dengan sebutan 'Flash-matic'. 

Penemunya adalah seorang engineer di perusahaan pembuat televisi 'Zenith Electronics' yaitu Eugene Polley. Kini, penemuannya tersebut memberi banyak manfaat bagi jutaan penikmat televisi di dunia. Atas jasanya itu Polley mendapat julukan “The Father of the Remote Control” alias bapak pencipta remote control. 

Infrared pada remote control memiliki prinsip kerja yang sangat sederhana. Di dalamnya terdapat prosesor kecil untuk menerjemahkan penekanan tombol menjadi instruksi bahasa mesin yang dikirimkan melalui infrared ke televisi. Kemudian data itu diterjemahkan kembali menjadi instruksi agar dapat dimengerti televisi.

  • Inframerah
Inframerah adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Namanya berarti "bawah merah" (dari bahasa Latin infra, "bawah"), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga "order" dan memiliki panjang gelombang antara 700  nm dan 1 mm. Inframerah ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir William Herschell, astronom kerajaan Inggris ketika ia sedang mengadakan penelitian mencari bahan penyaring optis yang akan digunakan untuk mengurangi kecerahan gambar matahari pada teleskop tata surya


  • Bluetooth
 Anda harus tahu bahwa Penemu Bluetooth yaitu Dr. Jaap Haartsen pada tahun 1990-an. Ia merupakan insinyur dari perusahaan Ericsson.
Penemuannya tersebut menjadikan Haarsten dikenal sebagai ‘Father of Bluetooth‘. Teknologi Bluetooth merupakan fitur yang memiliki energi rendah yang terintegrasi dengan pengaturan nirkabel jarak pendek.
Sehingga memudahkan proses pemindahan berbagai file dari perangkat satu dengan yang lainnya pada jarak tertentu. Hingga saat ini, jumlah perangkat Bluetooth yang telah mengirimkan file sudah mencapai 2 milyar lebih.
Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Nirkabel
Jaringan tanpa kabel mempunyai berbagai manfaat, yang telah umum dikenal adalah kantor portable. Orang yang sedang dalam perjalanan seringkali ingin menggunakan peralatan elektronik portable-nya untuk mengirim atau menerima telepon, fax, e-mail, membaca fail jarak jauh login ke mesin jarak jauh, dan sebagainya dan juga ingin melakukan hal-hal tersebut dimana saja, darat, laut, udara. Jaringan tanpa kabel sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah-masalah di atas.

Meskipun jaringan tanpa kabel ini cukup mudah untuk di pasang, tetapi jaringan macam ini memiliki banyak kekurangan. Biasanya jaringan tanpa kabel mempunyai kemampuan 1-2 Mbps, yang mana jauh lebih rendah dibandingkan dengan jaringan berkabel. Laju kesalahan juga sering kali lebih besar, dan transmisi dari komputer yang berbeda dapat mengganggu satu sama lain.

Comments

Popular posts from this blog

Ms Office Power Point

Sistem Informasi yang Mendukung Organisasi (ERP, SCM, CRM)

Ringkasan Materi Telecommunication & Mobile Computing (part 5)