Ringkasan Materi Telecommunication & Mobile Computing (part 4)

4. Jaringan Komputer Nikabel & Koneksi Internet


Jaringan Nirkabel
Jaringan nirkabel adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: Jaringan kawasan lokal nirkabel (wireless LAN/WLAN), dan Wi-Fi.
Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang radio, gelombang mikro, maupun cahaya infra merah.

Koneksi Internet
Definisi atau pengertian koneksi internet adalah sebuah hubungan yang terjadi antara komputer dan juga internet atau bisanya lebih sering disebut sebagai jaringan internet. Sebagai koneksi yang menghubungkan berbagai macam hal melalui media komputer dan juga menggunakan jasa dari sistem jaringan internet, jenis koneksi internet yang satu ini dapat dibagi menjadi beberapa macam metode yang biasa digunakan olehnya.
Metode koneksi internet tersebut diantaranya adalah :
  • Koneksi Dial - Up
Komputer yang memiliki sistem modem analog biasanya dapat melakukan dial up untuk mempreroleh koneksi internet. Cara memperoleh koneksi internet tersebut biasanya dihubungkan terlebih dahulu dengan server milik ISP dan barulah komputer tersebut bisa mendapatkan koneksi dari internet. Jenis koneksi internet yang satu ini menggunakan jalur dari telepon rumah (PSTN). Namun selain menggunakan telepon rumah ia juga dapat menggunakan jasa dari telepon genggam CDMA. Hanya saja dalam penggunaannya “dial up” dalam telepon tersebut akan mengubah sinyal menjadi sinyal suara (analog) yang kemudian sinyal itu akan ditransmisikan melalui kabel telepon atau pun sebaliknya.

  • Koneksi ADSL
ADSL (Asysmetric Digital Subscribe Line) merupakan teknologi modem yang bekerja pada tingkat frequensi 34 -1104 kHz, keuntungan menggunakan akses internet yang satu ini  adalah kecepatan tinggi yang dihasilkannya dengan cara suara/ fax secara simultan. Hal ini pula yang menyebabkan modem yang satu ini lebih disukai dibandingkan dengan modem konvensional lainnya yang memang hanya memiliki kecepatan akses di bawah 4 kHz saja.

  • Koneksi Leased Line
Leased line adalah jaringan internet yang mana jenis jaringan yang satu ini mampu mengakses internet selama 1 hari penuh. Hal yang satu ini tentunya berbeda dengan sistem DSL yang hanya akan terhubung pada internet selama server menghubungi ISP, karena hal ini lah leased line sering disebut dedicated line yang mana dikhususkan untuk mengakses internet. “Line” ini juga dapat menggunakan jasa dari telepon yang digunakan untuk sambungan ke internet, atau bahkan dengan koneksi wireless sekali pun.

  • Koneksi Satelit VSAT
Koneksi internet dengan menggunakan satelit memang memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi, namun harga yang harus dikeluarkan pun cukup mahal. Jenis koneksi internet yang satu ini biasanya menggunakan payung khusus seperti halnya para bola yang berguna untuk menangkap signal dari satelit.




sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Ms Office Power Point

Sistem Informasi yang Mendukung Organisasi (ERP, SCM, CRM)

Ringkasan Materi Telecommunication & Mobile Computing (part 5)