Social Computing

Teknologi Pokok Web 2.0


Web 2.0 merupakan teknologi web yang menyatukan teknologi-teknologi yang dimiliki dalam membangun web. Penyatuan tersebut merupakan gabungan dari HTML, CSS, JavaScript, XML, dan tentunya AJAX. 

Teknologi AJAX


Dalam pengaplikasian web HTML tidak mungkin sendiri dalam membuat suatu desain yang benar-benar bagus. Oleh karena itu HTML selalu ditemani oleh CSS (Cascading Style Sheet) untuk mempercantik desain, JavaScript untuk membuat tampilan yang dinamis, dan XML (eXtensible Markup Language) yang digunakan untuk mendefinisikan format data . Teknologi penggabungan dari JavaScript dan XML saat ini yang marak disebut dengan AJAX (Asynchorous JavaScript And XML) yang menekankan pada pengelolaan content dalam website.

Aplikasi Web 2.0 disajikan secara penuh dalam suatu web browser tanpa membutuhkan teknologi perangkat yang canggih dari sisi user. Tidak mengherankan bila suatu aplikasi (software) dapat diakses secara online tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. Software tersebut misalnya software pengolah kata (seperti MS Word) atau software pengolah angka (seperti MS Excel).



Teknologi ke depan suatu software berbasisi web tidak lagi dijual melainkan suatu fasilitas gratis yang dapat digunakan setiap waktu. Permasalahan manajemen file juga tidak merepotkan, bahkan file dapat disimpan dan juga dapat di-sharing dengan user lain. Implementasi dari teknologi Web 2.0 dapat dilihat pada aplikasi sprearsheet pada Google yang merupakan aplikasi untuk operasi mengolah angka seperti MS Excel. Aplikasi ini dapat dilihat pada http://spreadsheets.google.com/

Tujuh karakteristik web 2.0
web sebagai platform dimana menjadikan web sebagai tempat bekerja di manapun Anda berada. Cukup dengan membuka web browser, Anda dapat mengerjakan tugas mengetik dokumen, perhitungan keuangan, atau merancang presentasi melalui aplikasi-aplikasi yang telah disediakan dan dapat dijalankan secara langsung melalui internet.

adanya partisipasi dari pengguna dalam berkolaborasi pengetahuan.

data menjadi trademark-nya aplikasi

web 2.0 sebagai akhir dari siklus peluncuran produk software, mengilustrasikan setiap produsen software tidak lagi meluncurkan produknya dalam bentuk fisik. Karena web menjadi platform, pengguna cukup datang ke website untuk menjalankan aplikasi yang ingin mereka gunakan.

dukungan pada pemrograman yang sederhana dan ide akan web service atau RSS.

software tidak lagi terbatas pada perangkat tertentu.

adanya kemajuan inovasi pada antar-muka (interface) di sisi pengguna. Dukungan AJAX yang menggabungkan HTML, CSS, Javascript, dan XML .



Aplikasi Web 2.0 

Sepak terjang perusahaan-perusahaan bisnis yang mengaplikasikan Web 2.0 terhitung fenomenal dan membawa perubahan baru dalam jangka waktu yang relatif singkat. Contohnya dalam hal periklanan, dimana telah masa lalu proses periklanan berjalan kurang lebih sebagai berikut :

Perusahaan yang ingin memasang iklan tentang produk atau jasanya mereka mencari perusahaan pemasang iklan hingga mencapai kesepakatan setelah melalui tawar-menawar yang ketata. Selanjutnya iklan tersebut muncul dalam bentuk banner, spanduk, jedah iklan di televisi dan media periklanan yang lainnya.

Proses ini tentu memakan waktu dan biaya yang relatif tidak sedikit. Alternatif lain yang lebih murah adalah memasang iklan pada surat kabar atau yellow pages.

Internet kemudian dimanfaatkan orang dengan menyebarkan e-mail spam yang membabi-buta, segala cara memang dimungkinkan oleh sebagian orang demi mendapat pelanggan. Proses tersebut terus berlangsung hingga saat ini, tetapi Google Adsense yang mengaplikasikan konsep Web 2.0 menawarkan sesuatu yang luar biasa dalam hal periklanan, siapapun dapat memasang iklan dengan biaya relatif murah, iklan tersebut kemudian dapat diletakkan pada content pihak ketiga (misalnya pada Blog).

Sebagai pemilik Blog, Anda dapat menampilkan iklan-iklan Google yang diatur oleh search engine google sesuai dengan content yang Anda sediakan, hanya dengan menambahkan beberapa kode-kode tertentu pada Blog Anda.


Contoh lain kesuksesan aplikasi web 2.0 dalam dunia bisnis adalah bisnis penjualan software yang dilakukan oleh salesforce.com, metodenya adalah dengan mengizinkan para developer seluruh dunia untuk mendapatkan pelanggan masing-masing dengan cara menampilkan software siap pakai milik mereka di dalam website salesforce. Secara berkesinambungan juga akan tercipta komunitas yang saling mendukung dengan memberikan rekomendasi-rekomendasi, sehingga pelanggan yang mencari software seakan memiliki konsultan software yang dapat mengarahkan mereka pada software yang tepat sesuai kebutuhannya.


Kategori Situs Web 2.0

Web 2.0 dibagi menjadi 5 kategori yakni: 
  • Social Networking
  • Social Bookmarking
  • Video Sites
  • Blogs
  • Podcast.



sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Ms Office Power Point

Sistem Informasi yang Mendukung Organisasi (ERP, SCM, CRM)

Ringkasan Materi Telecommunication & Mobile Computing (part 5)